Selasa, 19 Juli 2016

Dampak Negatif kemajuan IPTEK bagi Kehidupan dalam bidang ekonomi , sosial , dan budaya



Dampak Negatif kemajuan IPTEK bagi Kehidupan 

Bidang Sosial dan Budaya
kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek sosial dan budaya, seperti:
a. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
b. Kenakalan dan tindakan menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat, semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong, yang telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial.
c. Pola interaksi antar manusia yang berubah dengan bantuan gadget, yang membuat orang-orang menjadi sibuk dengan dunianya sendiri.

Bidang Ekonomi
perkembangan IPTEK juga memiliki beberapa dampak negatif dalam bidang Ekonomi dan Industri, antara lain :
a.  Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
b.  Sifat konsumtif manusia. Hal ini akan melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan, yaitu berperilaku konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

Sumber :
-          Aji, Mustiko, “Dampak IPTEK Bagi Mayarakat Indonesia”, 12 Maret 2012, http://mustiko-aji-d.blog.ugm.ac.id/2012/03/12/dampak-iptek-bagi-masyarakat-indonesia/, (diakses pada tanggal 01 Maret 2013 pukul 08.30 WIB).
-          Riyadi, Slamet, “Problem Kemajuan IPTEK”, 12 Juli 2010, http://riyadi.staff.umy.ac.id/2010/07/12/problem-kemajuan-iptek-india-v-s-indonesia-memprihatinkan/, (diakses pada tanggal 03 Maret 2013 pukul 12.00 WIB).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar